Pages

Search

Sabtu, 16 November 2013

Belajar Ala Islam Lebih Asyik



Seorang siswa, mempunyai tugas wajib salah satunya adalah belajar. Kita sebagai siswa di sebuah madrasah, hendaknya mengerti bagaimana belajar yang baik menurut islam sebagaimana yang diajarkan Rasulullah SAW.
1. Membaca
Masih ingatkah wahyu yang pertama yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril di gua Hira' pada tanggal 17 Ramadhan saat Nabi Muhammad berusia 40 tahun? Ya, wahyu yang diturunkan adalah surat al-iqra', pada ayat pertama surat itu adlah IQRA' yang berarti bacalah.

Dalam wahyu yang pertama saja kita sudah diperintahkan untuk membaca, maka wajib bagi kita untuk membaca baik al-quran, pelajaran, maupun buku-buku yang lainnya asalkan bermanfaat bagi kita. Banyak pepatah yang mengatakan hal positif tentang membaca, misalnya "Membaca adalah jembatan pengetahuan" dan "Membaca adalah jendela ilmu".
2. Menulis dan Memahami
Nah, sudah jelaskah langkah yang pertama kta dalam belajar adalah membaca. Tapi, apa yang kita lakukan setelah membaca? Kita tentu tidak akan ingat sepenuhnya tentang apa yang kita baca. Jadi, kita harus menulisnya agar jika sewaktu-waktu kita lupa dengan apa yang telah kita baca, kita dapat membuka catatan kita tentang hal tersebut. Ilmu itu perlu diikat, artinyailmu akan terbuang sia-sia jika kita tidak mau menulisnya. Selain dicatat, pemahaman juga diperlukan.
3. Mengamalkan dan Berbagi
Jika kita sudah mahir dalam satu ilm, kita harus menambah ilmu kita yang lain, karena ilmu tidak akan ada habisnya. Kita boleh tamak dan rakus terhadap ilmu asalkan janga pada harta atau duniawi saja karena itu akan sia-sia dan menyesal di akherat.Ilmu juga harus diamalkan, karena ilmu yyang baik selalu membawa kita ke dalam kebaikan pula.

Dalam berilmu, kita tidak boleh menyembunyikan ilmu kita dari orang lain, karena sesungguhnya ilmu akan bertambah bertambah jika kita mau membaginya kepada orang lain. Selain itu, juga dapat memberikan keuntungan dunia dan akherat bagi kita. Meskipun kamu telah belajar ilmu selama seratus tahun dan sudah mengumpulkan {mengarang} sebanyak seribu kitab itupun kamu masih belum di katakan orang yang mengharap rahmat Allah kecuali dengan mengamalkannya. Juga ada pepatah arab "Ilmu tidak diamalkan bagaikan pohon tidak berbuah".
4. Berdo'a
Yang terakhir, kita harus senantiasa berdo'a kepada Allah SWT agar ilmu kita selalu ditambah dan diberi ilmu yang baik serta bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Berdo'a sebelum belajar juga tak kalah penting, walaupun tidak membaca do'a belajar, maka cukuplah dengan membaca basmalah. Dan ucapkan basmalah sebelum belajar dan akhiri dengan kata hamdalah setelah belajar.

Sekian dulu penjelasan belajar ala islam, jika kalian belajar dengan cara-cara seperti diatas insya allah akan berhasil dan sukses.



Salam Pelajar Islam :)

0 komentar: