Pages

Search

Sabtu, 07 Desember 2013

Kunci Sukses Mencari Ilmu




Sebagai manusia, kita diwajibkan oleh Robb kita untuk selalu senantiasa belajar sampai pada waktu kita kembali menghadap kepada-nya. Tentunya tidak hanya sekedar memenuhi kewajiban saja, tetapi kita juga patut memperhatikan bagaimana kita bisa serta mampu meraih himmah, impian, asa, dan cita-cita.

Dengan karunia modal kemampuan yang serba terbatas ini, kita harus memiliki tips and trik jitu dalam menuntu ilmu. Dikutip dakam sebuah ungkapan bahwa : "Banyak jalan menuju Roma".

Didalam jitab Ta'lim (Syaikh Zarnuji) (kitab yang saya pelajari di waktu sekolah saya), banyak dikutip bagaimana seharusnya para penuntut ilmu itu bisa mendapatkan ilmunya dan meraih kebahagiaan hidup di dunia maupun di akherat nanti.

Satu diantara tips and trick dalam kita tersebut adalah WIRA'I (Berhati-hati didalam hal menjaga diri dari perkara haram). Diakatakan disitu bahwa kesempurnaan Wira'i ini dapat dicapai dengan menghindarkan diri dari keware'an (dalam bahasa jawanya), kebanyakan tidur, dan banyak omong yang tidak berfaedah (bermanfaat).

Dua diantaranya adalah para penuntut ilmu diharapkan untuk tidak sembrono dalam hal budi pekerti (adab) sebab barang siapa meremehkan urusan budi pekerti maka ia dihalangi urusan fardku, dan barang siapa yang meremehkan fardlu maka ia dihalangi urursan akheratnya.

Hendaknya kalian adalah orang yang menjalankan perintah Allah serta menjaga diri dari larangan-larangannya, istiqomah menjalankan sholat dan carilah untuk kalian ilmu Syara'. Carilah do'a orang ahli kebagusan (orang-orang sholih) serta hadirilah doa' orang-orang yang teraniaya, mintalah pertolongan padda Robb kalian.

Semoga tulisan yang singkat namun cetar bermanfaat, dapat bermakna, dan barokah, amiinn.

0 komentar: