Pages

Search

Jumat, 11 Oktober 2013

Stop Makan Dan Minum Dengan Berdiri!

Islam mengatur kehidupan seorang muslim dengan baik dari bangun tidur sampai tidur kembali, disemua perbuatan dan aktifitas. Semua itu terdapat dalam al-quran dan al-hadits tinggal kita yang harus pintaar untuk memilih dan memililah mana yang baik untuk kalian. Salah satunya yaitu adab makan dan minum dalam islam dan sekarang kita akan bahas tentang bagaimana adab makan dan minum dalam islam yang baik dan benar.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam- telah memberikan contoh adab yang terbaik, bahkan dalam perkara makan dan minum sekalipun, Islam telah mengatur batasan adab yang terbaik, dari makanan dan minuman yang diperbolehkan untuk dikonsumsi sampai makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi. Dari adab memulai makan dan minum sampai selesai makan dan minum.

1. Larangan Menggunakan Piring/Gelas Dari Emas Dan Perak
Islam melarang keras penggunaan piring atau gelas dari emas dan perak untuk makan dan minum, karena Benda-benda itu untuk mereka (orang kafir) di dunia dan untuk kalian nanti di akhirat' Benda-benda itu untuk mereka (orang kafir) di dunia dan untuk kalian nanti di akhirat.

2. Larangan Makan dan Minum Dengan Posisi Bersandar
Cara makan yang tidak disukai adalah makan sambil bersandar. Cara makan seperti ini termasuk cara makan orang yang lahap sehingga tidak disukai atau dinilai makruh. Jika demikian, maka sudah sepantasnya kita menghindarinya.

Macam-macam maksud bersandar seperti dalam hadits diatas diantaranya adalah bersandar ditangan dengan posisi badan miring. Juga duduk dengan bersandarkan tangan kiri.

3. Mendahulukan Makan Dari Pada Sholat Ketika Makanan Telah Siap
Ketika hidangan makanan telah siap dan iqomah sholat telah dikumandangkan,maka dahulukan makan dari pada sholatnya  Jika telah siap hidangan makan untuk kalian dan (juga) telah dikumandangkan iqomah sholat, maka mulailah dengan makan dan jangan terburu-buru sampai selesai makan.

4. Membaca Basmalah Sebelum Makan Dan Minum, Hamdalah Setelahnya
Termasuk dari adab makan dan minum adalah membaca basmalah sebelum makan dan minum, dan membaca hamdalah setelahnya.

5. Makan Dan Minum Dengan Tangan Kanan
Menggunakan tangan kanan untuk makan dan minum, dan Islam melarang untuk menggunakan tangan kiri. Dan jangan sekali-kali kalian makan dengan tangan kiri, karena setan makan menggunakan tangan kiri.

6. Memakan Makanan Dari Yang Terdekat
Termasuk adab makan dan minum yang diajarkan Rosulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam adalah memakan makanan dari yang terdekat. Contohnya pada makan prasmanan tersedia banyak sekali makanan dan minuman, nah kalian harus mengambil makanan yang ada di dekat kalian meskipun itu makanan yang tidak kalian sukai, tidak diperkenankan mengambil makanan yang jauh dari kita karena yang di dekat sudah.

7. Disunahkan Memakan Makanan Setelah Panasnya Berkurang
Ketika hidangan itu masih panas, disunahkan untuk menunggunya sejenak sampai berkurang panasnya, karena jika masih panas kita pasti cenderung untuk menyebulnya, itu merupakan hal yang dapat mengakibatkan makanan kita tercemari kuman dan dapat menyebabkan kita sakit.

8. Tidak Mencela Makanan
Memakan makanan yang disukai dan tidak mencela makanan ketika makanan itu tidak kita sukai.

9. Tidak Meniup Pada Air Minum
Pada saat air minum masih panas, dibenci untuk meniupnya agar cepat dingin. disarankan untuk menunggunya sampai dingin dengan sendirinya.

10. Tidak Minum Langsung Dari Mulut Teko
Jika hendak minum, hendaklah menuangkan air ke gelas terlebih dahulu, dan tidak minum langsung dari mulut teko.

11. Disunahkan Untuk Makan Bersama
Disunahkan berkumpul ketika ingin makan. Makan bersama akan menambah berkah, lebih banyak yang kumpul, maka lebih banyak berkahnya juga.

Begitu lengkapnya panduan-panduan dalam Islam ini. Semua menuntun kita untuk selalu melakukan hal yang bermanfaat, untuk selalu memperhitungkan sebab dan akibat dari perbuatan kita. Kenapa kita susah-susah mencari diluar sana jika dalam agama yang kita yakini ini ternyata telah menuntun dan mengatur disetiap segi kehidupan, dan Rasulullah Shalallahu 'alaihi Wasallam adalah sebaik-baiknya panutan.

Dan sebelum kita ingin beraktifitas / melakukan suatu hal, jangan lupa mengucap Bismillaahir Rahmaanir Rahiim gak pakai "Basmalah" gak gaul.. !

Semoga artikel ini sangat berguna untuk kalian semua khsusunya bagi orang islam agar melakukan perbuatan yang baik dan disunnahkan oleh rasululloh. Dan jika anda sudah tahu adab yang baik untuk makan dan minum, maka anda harus mengamalkannya.

0 komentar: