Pages

Search

Senin, 23 Desember 2013

Skype - Solusi Untuk Belajar


Zaman sekarang sudah waktunya memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin bagi pendidikan agar teknologi yang ada tidak sia-sia. Salah satu media baru yang dapat digunakan untuk pendidikan yakni Skype. Bagaimana Skype ini masuk dan bermanfaat bagi dunia pendidikan? Begini penjelasannya...

Skype merupakan sebuah software yang berguna untuk melakukan panggilan kepada user lain yang menggunakannya, panggilan itu baik berupa suara maupun video. Layanan ini bisa Anda nikmati dengan free alias gratis, Anda hanya menyediakan perantara teknologi internet untuk menikmatinya. Sekarang Skype ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang mulai dari pelajar sampai para orang tua. Penggunaannya sangat mudah dilakukan bagi setiap orang. Perkembangan software ini semakin pesat karena kemudahan dan kemurahan dalam aksesnya.

Menurut pengalaman kami selama menempuh proses mencari ilmu, Skype ini sudah dapat kami gunakan untuk media ulangan lisan kepada guru kami. Langkah ini digunakan karena waktu yang ada di sekolah kurang mencukupi. Untunglah ada Si Skype yang siap digunakan. Kami tinggal meng-konfirmasi kepada guru kami waktunya, kemudian mulai kami koneksikan kompi atau lepy ke internet dan masuk ke account Skype. Tinggal pilih user guru kami dan melakukan panggilan + video agar lebih enak. Lalu dimulailah ujian lisan lewat depan lepu kesayangan agar lebih pede (percaya diri).

Alat yang digunakan untuk menimati layanan ini terdiri dari : komputer atau laptop, earphone untuk mendengarkan dan bicara, account + program Skypenya jangan lupa, kalau perlu panggilan video ditambah webcam. ^_^. Mudah kan! Langkah pertama silakan install programnya di kompi Anda, lalu buatlah account-nya.

Ulangan dengan cara seperti ini sangat lebih nyaman daripada ulangan lisan secara langsung, karena kita bisa sambil bincang-bincang hal lain dengan guru setelah ulangan selesai. Silakan saja rasakan fantasi ulangan dengan media Skype agar tidak ketinggalan zaman.

Teknologi terus berkembang, manfaatkan perkembangan teknologi untuk kemajuan pendidikan kita jangan dimanfaat/ dilihat dari sisi negatif saja. "Ujian lewat Skype rasanya Sesuatu". Perkembangan sekarang, Skype juga bisa dinikmati lewat Tablet PC yang praktis dibawa kemana-mana. Lebih enak lagi kan! :)

0 komentar: